Welcome

Sejak saat inilah kita sadar bahwa hutan itu sangat berpengaruh bagi manusia, hewan dan tumbuhan..

Sunday 28 October 2012

Hutan Tropis Indonesia

 Sepertinya bukan hal yang asing lagi apalagi di jaman sekarang ini mendengar kampanye tentang kelestarian lingkungan. Sudah banyak fenomena alam yang terjadi yang mengingatkan kita terhadap kepedulian kita terhadap pentingnya alam. Dari berbagai penjuru dunia sudah melakukan banyak hal dalam pengupayaan kelestarian alam, mulai dari kampenye menanam seribu pohon, hemat energi dan lain sebagainya. Kesadaran akan hal tersebut akan semakin kuat seiring dengan banyaknya fenomena buruk yang terjadi di seluruh penjuru dunia.



Karena manusia tidak bisa diam saja melihat hal tersebut. Dari sekian banyak upaya yang dilakukan manusia dalam pelestarian alam, salah satu yang paling banyak dilakukan adalah upaya pelestarian alam hijau atau hutan yang menjadi paru-paru bumi kita ini. Kita dituntut untuk lebih tahu akan manfaat dari hutan itu sendiri. 

Pengertian Hutan 
Hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungan, yang satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan (Undang-Undang nomor 41 tentang kehutanan). 

Dampak Kerusakan Hutan
Banyak bencana yang terjadi di berbagai wilayah sebenarnya karena ulah manusia sendiri. Bagaimana bisa, manusia sudah dibilang over dalam pemanfaatan alam. Contohnya saja, pemanfaatan hasil hutan yang melebihi batasnya. Banyak jenis flora dan fauna hilang akibat ulah manusia tersebut. Terlebih lagi efek dari penggundulan hutan akan sangat terlihat pada bencana yang ditimbulkannya. Contohnya saja banjir, tanah longsor, dan kurangnya penghisap CO2. Semua bencana tersebut sebenarnya karena manusia sendiri yang membuatnya. Banyak dilakukan illegal logging, kebakaran hutan, dan pemanfaatan lahan hutan sebagai pembangunan.
Dari sekian banyak jenis hutan di bumi ini, ada satu jenis hutan yang sangat potensial pengaruhnya terhadap ekosistem di bumi ini. Jenis hutan itu adalah “hutan tropis”. Kita sebagai orang Indonesia seharusnya lebih tahu akan hutan tropis. Karena di Indonesia sendiri banyak hutan tropis yang mendominasi hutan di seluruh wilayah Indonesia. Mari kita pelajari lebih lanjut seperti apakah hutan tropis itu. 

Ciri Hutan Tropis 
Hutan tropis merupakan hutan yang terletak didaerah sekitar khatulistiwa ataupun hutan yang terdapat didaerah beriklim tropis. Tidak hanya di Indonesia saja hutan tropis juga menyebar di kawasan sungai amazon, kawasan sungai Zaire, pesisir barat India, dan Republik Demokrasi Kongo. Sedangkan luas hutan tropis di Indonesia sendiri menjadi hutan ketiga terluas di dunia setelah Brazil dan Republik Kongo. Hutan tropis memilki ciri khas tersendiri yaitu :
1. Memilki intensitas hujan lebih tinggi dibanding jenis hutan lainnya.
2. Mendapatkan cahaya setiap saat.
3. Memilki kelembapan yang tinggi.
4. Biasanya terdiri dari pepohonan tinggi.
5. Terdapat lapisan lebatnya pepohonan.
6. Terdapat dua lapisan, lapisan atas sebagai penerima cahaya dan lapisan bawah sebagai tempat yang gelap dan lembab.
7. Memilki hamparan dedaunan hijau yang busuk. 

Manfaat Hutan Tropis
1. Pengatur tata air
Peristiwa berubahnya air menjadi uap dan bergerak dari permukaan tanah disebut penguapan atau evaporasi. Dan penguapan dari tanaman disebut evapotranspirasi. Kecepatan penguapan air melalui permukaan tanah gundul relatif lebih sedikit dibandingkan dengan melalui tanah yang tidak gundul. Serasah yang terdapat dibawah pohon memudahkan air masuk ke dalam tanah (mencegah banjir), jadi dalam hal ini hutan memperbesar daya penyimpanan air tanah.
2. Penyerapan karbondioksida (CO2)
Karbondioksida yang terdapat di udara dengan proses fotosintesis digunakan oleh tanaman untuk pertumbuhan sehingga hutan dikatakan paru-paru dunia. Dan sangat berperan penting dalam obat masalah pemanasan global.
3. Pelestarian beraneka ragam flora dan fauna
Dihutan tropis terdapat banyak macam flora dan fauna, termasuk juga jenis yang terbilang langka di dunia. Maka dari itu manfaat hutan tropis sendiri sangat berpengaruh dalam pelestarian keanekaragam hayati tersebut. 

Sisi Lain Hutan Tropis
Kehancuran hutan tropis bisa menyebabkan ledakan evolusi reptil. Karena jenis reptil beragam dan pola makannya bisa berubah jika harus beradaptasi dalam perubahan iklim yang cepat. Menurut penemuan para ilmuwan, hancunya hutan tropis bisa menyebabkan evolusi besar pada reptil. Akan ada kemungkinan bangkitnya masa dinosaurus dalam 100 tahun tahun mendatang. Seperti peristiwa yang berlangsung pada periode carboniferous. Pada saat itu Eropa dan Amerika utara berada di wilayah khatulistiwa dan ditutupi hutan tropis yang beruap. Namun, saat iklim bumi berubah menjadi lebih panas dan kering hutan tropis pun menjadi runtuh sehingga memicu evolusi reptil.
 Maka dari begitu pentingnya peran hutan, apalagi hutan tropis seharusnya membuat kita lebih sadar akan kepedulian terhadap lingkungan. Tentu saja kita tak pernah mengharapkan akan terjadi suatu hal buruk terjadi. Karena sudah banyak bencana yang terjadi di permukaan bumi ini yang diakibatkan oleh tangan manusia sendiri. Sebagai warga Indonesia yang terkenal akan kekayaan hutannya kita wajib melestarikan keanekaragaan yang dikandungnya. Hutan tropis yang menjadi kebanggan kita harus kita pelihara sehingga kita ikut serta dalam pemulihan bumi yang sedang sakit ini. (Agus Suradimanto).   


1 comment:

  1. Bandar Sbobet Terpercaya & Teraman?
    Cuma Di Bola206 Tempatnya
    Buruan Daftar & Mainkan Gamesnya
    Menangkan Hingga Ratusan Juta!!!

    Min Depo & WD 50K
    Bisa Deposit Via Pulsa
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%
    Bonus Cashback 5%
    Bonus Referral 2.5%

    WA : +6281363191417
    www(.)betbola206(.)net

    ReplyDelete